Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengenali Toko Online Fiktif

Gue sering banget dapet SMS yang mengatakan dapet hadiahlah, toko online gadget murahlah, ya mungkin gue gak akan tertipu karena udah lumayan melanglangbuana di dunia maya. Suatu hari salah seorang temen kantor gue (yang lumayan tua) menanyakan apakah benar dia menang undian Telkomsel dengan mengecek namanya di sebuah website. Gue liat smsnya dan bener aja itu bener-bener penipuan hanya dari melihat alamat websitenya.

Nah tentunya tidak semua orang mengerti mana website asli yang mana enggak, mari kita identifikasi secara sederhana bagaimana mengenali penipuan online. Berikut gue jabarkan ciri-ciri yang bisa kamu kenali sedari awal.

1. Alamat Websitenya Sebagian Besar Gak Komersil

Emang gak semua toko yang tidak berdomain TLD (Top Level Domain) seperti .com atau .net adalah penipu, tetapi domain merupakan salah satu kredibilitas yang bisa kamu pakai untuk mengidentifikasi toko bodong. Jika memakai gratisan dengan subdomain blogspot, webs, wordpress, dan beberapa penyedia layanan web/blog gratis lainnya maka kamu harus waspada. Seharusnya sebuah toko yang memiliki kredibilitas yang terpercaya tidak akan membiarkan website/blognya hanya berdomain biasa seperti itu. Sebagai contoh penipuan website Telkomsel yang teman saya tunjukkan berdomain blablabla.webs.com, sudah pasti penipuan -_-;.

2. Websitenya gak bagus.

Selama 4 tahun gue browsing sana-sini dan memperbaiki tampilan blog, gue sekarang punya 1 benang merah untuk melihat website penipuan yaitu tampilannya gak seimbang. Gak seimbang gimana? coba kamu rasa-rasa sendiri look and feel sebuah website toko online, pasti akan kelihatan kalo yang urusin bener-bener gak serius karena berantakan dan kadang gak proporsional. Um..susah ya nangkepnya, gini deh...gue kasi 1 contoh website toko online penipu yang gue ambil alamatnya dari sini.


Gimana? ngerti maksud gue "look and feel" web/blog? yang pasti itu bener-bener ngaco banget bikin situsnya, gak niat sama sekali sekalipun mau nipu :p . Setelah gue cek, penulisan istilah-istilahnya juga banyak ngaco, contoh : Jual Blackberry Strom (emang siapa coba yang mau disetrom).

Tetapi ada juga yang tampilan websitenya mendekati bagus (baru mendekati, belon bagus), seperti ini :


Tapi liat headernya, gak kuku banget kan? apalagi setelah kamu cek satu persatu menunya, keliatan gak niat banget dari segi font. Dari tampilan aja gue udah tau kok kalo ini cuma penipuan doang.

3. Testimoninya fake

Kalo belanja online, kamu pasti butuh testimoni orang lain agar yakin kamu tidak ditipu bukan? si penipu sekarang biasanya juga mencantumkan testimoni agar kamu percaya dan menyerahkan sejumlah uang muka. Sebenernya kamu gak boleh bego-bego amat walaupun testimoninya ada, karena sebenernya foto-foto si pemberi testimoni bisa disearching di internet kok. Lihat cara gue di bawah ini :

a. Cek halaman testimoni


b. Pilih salah satu foto si pemberi testimonial, contoh gue ambil yang foto paling terakhir.

c. Buka Google image, terus klik yang gue kasi highlight kuning dan ikuti gambar di bawah ini.

upload gambar di tahap ini

d. Beberapa lama kemudian akan keluar beberapa hasil pencariannya, ternyata itu gambar dipake di beberapa website dengan testimonial yang berbeda, sangat mencurigakan. Jelas kalo orang yang dipake itu orang asli tapi tampaknya hanya pajangan untuk meyakinkan kalo testimoninya asli.


Kamu harus selalu berhati-hati karena penipuan terjadi seringnya karena kamu tidak detail mengamati sesuatu yang kelihatannya bagus ternyata tidak begitu pada akhirnya. Pesan dari Bang Napi : "Waspadalah Waspadalah"