Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Membeli Tablet Yang Cihuy

Gue pernah membuat sebuah panduan membeli smartphone, kalo kalian ingat. Kemaren-kemaren gue juga membuat panduan memilih Phablet atau Smartphone biasa, inget? Kali ini gue mau meracuni kalian untuk beli tablet, lebih tepatnya membuat panduan membeli tablet yang pas buat kalian.

Keberadaan Tablet di tahun 2013 ini bener-bener racun, jumlahnya melebihi tablet-tablet di seluruh toko baik itu panadol, bodrex, dll. Kemaren gue sempet jalan-jalan ke Bogor, dimana-mana orang megang tablet tanpa mengenal umur. Makan di cafe buka tablet, nongkrong buka tablet, di pesawat juga buka tablet.

Nah kalo kamu salah satu yang kena racun pengen beli tablet, gue kasi saran paling cihuy sejagat raya agar gak salah memilih tablet karena gampang-gampang susah layaknya memilih pacar. Ada tablet yang cantik luarnya aja, dalemnya lemot. Ada tablet yang luarnya biasa aja, ternyata garang di dalam. Bahkan ada tablet yang dari outer maupun inner beautynya tokcer. Yah pokoknya pintar-pintar memilihlah..here we go..

Mau yang ukuran berapa?

Ini yang pertama mesti kamu tanyakan sama diri sendiri. Kamu mau yang ukuran berapa inch? 7? 10? 8? 36B? . FYI, tablet Android yang terpopuler ada di ukuran 7 inch. Menurut gue, ukuran berapa pun tablet tetep ngerepotin untuk dibawa. Tetapi tablet berukuran 7inch setidaknya bisa digenggam dengan lebih kuat dengan 1 tangan ketimbang tablet berukuran lebih besar dari itu. Urusan game, keduanya sama saja karena masih enak dipandang mata baik ukuran 7 maupun 10.


Untuk hal ukuran, gue susah mengatakan mana yang lebih bagus. Itu tergantung selera masing-masing karena ada yang suka make 10inch dan ada yang suka make 7inch. Kalo masih ragu, cobain aja pegang langsung tabletnya dan dikira-kira mana yang membuat kamu nyaman. Ingat, yang dipegang itu tabletnya jangan mbak-mbak SPGnya.

OSnya apa?

Kayaknya gue mesti persempit karena ini lebih tepatnya Android atau iOS? keduanya memang sangat bersaing dalam masalah pertabletan. Gue mencoba netral dalam menyarankan ini karena gue adalah pengguna keduanya. Jika kamu memilih Android, maka kamu bisa mendapatkan tablet dari yang berharga murah sampe yang berharga mahal. Masalah Aplikasi, maka jumlah aplikasi Android sudah bersaing dengan iOS sebanyak 700ribu aplikasi di Google Play.


Yang gue suka dari Android adalah caranya yang gak ribet dalam masukin musik karena tinggal copy dan paste. Tabletmu persis berfungsi layaknya flashdisk. Selain itu kalo kamu doyan nonton pelm dengan subtitle yang terpisah, di Tablet Android kamu tinggal samain nama file subtitlenya dengan file filmnya maka kamu sudah bisa menonton dengan tenang.

Bagaimana dengan Tablet besutan Apple? Pilihannya tidak banyak karena hanya ada merk iPad dengan berbagai varian. Di iOS kamu bisa menemukan sekitar 775ribu aplikasi, lebih banyak dari yang disediakan oleh Android. Sensasi memakai tablet besutan Apple tentu sangat berbeda karena sudah pasti kamu mendapatkan kesan "mewah" dan yang pasti tidak pasaran. Entah hanya perasaan saya saja atau beneran, kamera setiap produk Apple terasa lebih garang ketimbang produk lain.

Satu hal yang minus dari iPad yaitu ribetnya masukin lagu apalagi pelm. Masalahnya jembatan memasukkan apa-apa ke setiap produk Apple itu adalah iTunes, yang berarti setiap masukin lagu maka harus disingkronisasi dulu, begitu juga masukin film. Sebagai catatan, kamu harus menggabungkan dulu subtitle filmnya dengan file filmnya baru bisa menonton dengan subtitle. Ribet kan? tetapi keribetan ini toh kayaknya cuma di negara kita, emangnya orang Eropa dan Amerika suka nonton bajakan? gak juga kan :p

Storagenya berapa?

iPad tidak mengijinkan memori tambahan, maka dari itu mau tidak mau kamu harus membeli jenis iPad yang penyimpanannya sesuai dengan yang kamu inginkan. Berbeda dengan iPad, tablet Android memberikan ruang untuk menambah penyimpanan. So, pilih yang mana?

Konektivitas

Perhatikan apa yang kamu perlukan dalam konektivitas. Jika kamu lebih sering memakainya di rumah, dan rumahmu ada hotspotnya, better lebih memilih tablet hanya dengan wifi. Beda halnya jika kamu adalah orang dengan mobilitas tinggi, sebaiknya pikirkan untuk membeli tablet yang bisa dimasukin GSM card. Ada tablet yang memiliki konektivitas lengkap, bahkan bisa pake nelpon segala walaupun emang agak alay nelpon pake tablet.

Kamu gak punya banyak uang..maka belilah...

Ini masalah klasik banget yaitu uang. Banyak diantara kamu pengen punya tablet tapi makan di warteg aja masih toge sama dadar. Oke, kalo kamu bener-bener pengen tablet, sekedar petantang petenteng sana-sini bawa tablet biar keren..maka belilah tablet berukuran 7inch yang harganya gak mahal-mahal amat(di bawah 2 juta). Jangan beli iPad jenis apapun, nanti kamu cuma bisa makan remah gorengan di warteg.

Tablet di segmen ini lumayan banyak. Ada yang sudah terkenal merknya seperti ASUS, AXIOO, dan ACER sampai dengan merk yang hampir gak pernah kedengeran. Yeah, "you get what you pay dude", walaupun begitu setidaknya kamu punya tablet dan merasakan enaknya tabletan.

Sampe jumpa di panduan-panduan cihuy berikutnya