Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiah pagerank 3, berasa dihargai Google

Ngeblog semenjak 2008 sampai hari ini adalah konsistensi gak mudah bagi setiap orang. Gak banyak orang yang bertahan di dunia penulisan maya, dan gue bangga bisa tetap konsisten sampai saat ini. Awal gue ngeblog tujuannya hanya mencari pembaca dan memberi kontribusi konten yang bagus. Di tahun 2009, usaha gue gak sia-sia karena Google mengganjar pagerank 3 di blog ini.

Tak lama kemudian gue mulai tergiur nyari dolar dan akhirnya main paid to review, hasilnya postingan blog ini dipenuhi oleh postingan bahasa inggris untuk dijual. Google mengecek dan akhirnya blog ini kena hukuman penurunan pagerank.

Semenjak itu gue kapok, tujuan idealis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa memang tampaknya lebih mulia di mata Google. Lambat laun Google pun memperbaharui algoritmanya mulai Panda sampai Penguin dimana inti dari algoritma itu adalah mengutamakan situs yang selalu update dan kontennya relevan, sesuai dengan kategori data yang baik adalah up to date, akurasi, dan presisi.


Gue mulai kembali ke idealisme posting yang bagus dan berisi ketimbang cuma asal-asalan untuk jualan. Dan hari ini, terima kasih Google karena menghargai perjuangan gue tetap konsisten ngeblog selama 4 tahun dan tetap mengisi dunia maya dengan konten yang berbobot walaupun visitor cuma 100/day, follower 200an, page fans 1000an, masih jauh di bawah blog populer lainnya, tetapi hadiah pagerank 3 sementara blog lain terjun bebas adalah penghargaan terindah.

Make a good content, pembaca senang, saya tenang, Google pun menang :D

Go Blogger..