Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog ini cantik dan simple? ini rahasianya..

Agak narsis ya judulnya, emang kata siapa tampilan blog ini cantik dan simple? kata gue aja sih, hehehe. Kali ini gue gak membahas bagaimana menulis blog melainkan dari segi tampilannya karena hal ini juga gak kalah pentingnya. Sama seperti seorang cowok keren, sebaiknya yang keren bukan cuma karakternya tetapi juga penampilannya yang cihuy dan oke punya (kayak gue).


3 tahun lebih ngeblog gue udah gonta-ganti template dari yang model rame widget sampe yang pas seperti sekarang. Seringnya ganti template cukup membuat gue mengerti "look and feel" sebuah blog. Gue bisa langsung liat dari pandangan pertama apakah sebuah blog catchy atau enggak, dan ini tidak ada hubungannya sama jumlah pengunjung blognya karena terkadang blog yang sepi tampilannya catchy begitujuga sebaliknya yang rame kayak pasar tetapi templatenya nyolok mata. Tanpa panjang lebar, ini tips-tips ala gue untuk membuat blog terlihat catchy.

1. Tetapkan genre dan sesuaikan template

Pilih antara gaya personal atau news karena blog dengan gaya personal/diary itu lebih baik memilih template 2 kolom sedangkan untuk yang news lebih cocok model magazine. Tetapi untuk genre news masih bisa memakai 2 kolom atau 3 kolom asalkan templatenya disesuaikan.

2. Hindari warna ngejreng dan gelap

Gue sendiri tidak suka melihat warna blog yang semuanya merah menyala, kuning, jingga, apalagi gelap (coklat dan hitam misalnya). Warna ngejreng terkesan norak sedangkan yang berwarna gelap seringkali menyusahkan untuk dibaca dan kadang mud gue turun membaca artikelnya. Ingat! hitam di atas putih itu baik, tetapi putih di atas hitam malah susah dibaca, eh..jadi inget pelajaran interaksi komputer gue semasa kuliah :D . Warna yang menurut gue bagus adalah biru, putih, krem, hijau teduh, intinya pakai kombinasi warna yang modern punya seperti biru-putih, hitam-putih, hijau-putih, putih-milenium.

3. Gausah banyak widget

Kadang banyak blogger yang beranggapan memasang widget banyak-banyak itu keren, salah besar. Widget yang terlalu banyak akan membuat loading time jadi lebih lama. Kurangi widget yang tidak penting, caranya adalah coba pikirkan kembali apakah widget itu benar-benar sering digunakan dan dilirik pengunjung blog. Kalo gue gak suka pake widget sejenis jam, akuarium, dan yahoo messenger status. Itu menurut gue ya, untuk kamu sendiri terserah mau singkirkan yang mana.

4. Pakai huruf yang "readable"

Tipe huruf yang gue sukai adalah Arial dengan ukuran 12 atau 14. Hindari Times New Roman karena ini blog bukan skripsi jadi hindarkan font yang resmi. Namun jangan juga memakai font yang mencolok mata dan lebay karena jika melihat fontnya saja pengunjung malas, apalagi menyelesaikan untuk membacanya.

5. Pakai Readmore atau 1 artikel di Home

Jika ingin menampilkan banyak artikel maka pakailah Readmore agar blog tidak terlalu panjang ke bawah. Tetapi jika ingin menampilkan full artikel, tampilkanlah 1 posting saja di Home.

6. Rasakan keseimbangannya

Ini butuh pengalaman melihat blog-blog lain. Setelah blog jadi, maka lihatlah berulang-ulang blogmu apakah sudah enak dipandang dan perhatikan apakah sidebar dan posting panjangnya sudah hampir sama. Jika belum, maka pikirkan lagi widget mana yang mesti dikick out.

Yup, itu aja deh yang bisa gue sampaikan. Kalo mau dipercaya ya monggo tetapi kalo enggak ya mungkin kamu punya tips lebih dahsyat,