Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Sport India DC Avanti meluncur, Esemka apakah akan hanya omong doang?

Negara yang terkenal dengan Bollywood ini baru saja mengeluarkan sebuah mobil sport baru bernama "DC Avanti" yang diklaim merupakan mobil sport termurah di dunia. Dalam peluncurannya juga dihadiri oleh bintang film India terkenal, Amithabachan. Mobil ini baru diproduksi 200 unit pertahun di India dan akan terus bertambah setiap tahunnya.






Dunia Industri otomotif India memang sangat menggeliat dalam beberapa tahun belakangan ini. Prinsip Swadesi "Mahattma Gandhi" berhasil ditransformasikan ke dunia Industri dengan membuat produk-produk sendiri. Di tahun 2008 India sudah meluncurkan mobil dengan konsep city car bernama Tata Nano dan sudah dijual secara resmi di negaranya sampai sekarang. Saat Tata Nano dijual ke publik, Indonesia mengenalkan mobil prototipe bernama GEA (Gulirkan Energi Alternatif) yang akhirnya lulus uji pada tanggal 6 Januari 2012, wow..4 tahun dibutuhkan untuk lulus Uji.






Bajaj yang notabene sebelumnya bermain di roda dua dan tiga meluncurkan juga mobil dengan konsep City Car bernama Bajaj RE 60. Jadi jika ditotal maka India sudah mengeluarkan 3 mobil lokal sedangkan kita masih hanya berkutat sekedar konsep dan perijinan.






Terakhir, kita disentak dengan kehadiran Mobil Kiat Esemka Rajawali yang dijadikan mobil dinas oleh Walikota Solo, Jokowi. Entah demi cinta atau citra, pejabat lain berlomba-lomba memesan mobil ini walaupun sebenarnya mobil anak Negeri ini masih banyak kelemahannya. Dukungan ini seolah menjadi euforia seluruh Negeri dengan optimisme tinggi memiliki mobil merk lokal, siapa sih yang tidak bangga kalau Mobil lokal bisa bersaing dengan Mobil Jepang dan Eropa. Tetapi sebelum mobil ini benar-benar turun ke jalan harus melewati birokrasi demi keamanan yaitu uji kelayakan untuk mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.






Melihat mobnas lain yang akhirnya lulus uji, sebenarnya bukan tidak mungkin Esemka akan mengikuti jejak yang sama. Tetapi tahu sendiri Indonesia, Pejabat selain Jokowi mungkin memesan mobil Esemka hanya untuk Citra ikut-ikutan sok menghargai produk lokal, setelah akhirnya layak jalan belum tentu industri mobnas ini diperhatikan. Mereka pasti hanya peduli dengan kantong mereka, mungkin juga persetan dengan Mobnas kalau masih ada Mobil Mewah buatan Jepang dan Eropa. Berdoa saja Mobnas bukan hanya omong doang :D

Cara mencari uang di internet dengan menulis? cari tau caranya DISINI!