Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 pertanyaan jika BBM benar-benar merapat ke Android

Tersiar kabar yang sangat mencengangkan dari TechRadar bahwa BBM akan menyambangi Android. Ini berarti RIM seolah menyerah kepada Android karena merelakan aplikasi populer Blackberry Messenger mampir di Android. Belakangan ini muncul gambar-gambar terkait yang semakin menguatkan bahwa BBM memang akan benar-benar masuk ke Android, konon gambarnya diambil oleh karyawan RIM. Berikut foto-fotonya:













Mungkinkah? sambil menunggu gosip menjadi fakta, mari kita memberi beberapa pertanyaan jika BBM benar-benar ada di Android:

1. RIM memiliki server khusus untuk mengatur lalu lintas BBM, jika Android memakai BBM maka mau tak mau harus memakai Server RIM. Masalahnya apakah user Android harus membeli paket BBM? Jika ya maka siap-siaplah user Android untuk menyiapkan uang tambahan membeli paket BBM.

2. BBM punya sistem PIN unik untuk tiap penggunanya, lalu bagaimana di Android? apakah setiap user Android juga akan memiliki PIN unik atau malah memiliki identitas khusus seperti gmail atau nomor perangkat mobile layaknya yang dipakai di aplikasi Whatsapp.

3. Akankah Notifikasi BBM lancar di Android? seperti yang kita ketahui bahwa belakangan diketahui notifikasi Facebook for Android bisa dibilang mengecewakan. Gue pribadi jengkel karena realtime notification tidak berfungsi setelah memakainya beberapa lama.

4. Akankah BBM menyambangi iPhone? iPhone juga merupakan pesaing terberat Blackberry, apalagi santer terdengar bahwa iPhone juga akan mengeluarkan aplikasi chat khusus antar pengguna iPhone.

5. Apakah BBM akan menjadi aplikasi yang bisa didownload di market atau sepaket dengan perangkat mobile Android? yang berarti perangkat-perangkat lama Android tidak akan didukung? tetapi melihat prinsip opensource Android maka kecil kemungkinan aplikasi BBM dispesialkan.

6. Terakhir, apakah kenyataan ini akan terjadi dalam tahun 2011? jika ya maka siap-siaplah bagi kamu yang punya Smartphone BB dan Android karena suka tidak suka, smartphone BB akan menjadi gadget yang tersisihkan karena aplikasi BBM yang sudah dibuka untuk OS lain.

Mari kita tunggu kepastiannya pada BlackBerry DevCon di San Francisco 18 – 20 Oktober mendatang

Salam Teknologi!