Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide ngeblog tiba-tiba numpuk cemerlang? jadwal posting aja





Ada sebuah keadaan dimana gue kekeringan ide, ketika gue tengok kiri kanan, ide ga muncul, tengok atas bawah, cuma lihat langit dan tanah, yaaa...ide ga muncul juga. Bahkan, udah buka situs ini itu, ide juga belum muncul di kepala gue, memperlihatkan batang hidungnya pun ogah. Di saat seperti itu gue biasanya udah buka Blogger untuk menuangkan tulisan tetapi jatuhnya hanya ternganga bingung mau nulis apa. Tetapi ada lagi suatu keadaan dimana ide secara brilian numpuk sampe pengen menuliskannya di sebuah kertas agar gak lupa. Baru duduk makan mi di warung tenda, tiba-tiba ide nulis tentang teknologi A muncul, baru jongkok di WC beberapa saat kemudian, eh ide bikin tutorial tentang B muncul, tiba-tiba kepala penuh sama ide-ide untuk dituangkan di blog dan gue sendiri sampe bingung mau tulis yang mana dulu.

Beberapa artikel menyarankan kita untuk selalu membawa sebuah notebook (bukan laptop) kecil dan menuliskannya jika muncul ide tetapi kadang cara seperti itu efektifnya hanya sesaat karena kemungkinan besar kita selalu lupa membawa notebook kita kemana-mana atau sering lupa menuliskan ide cemerlang yang lewat. Khusus untuk pemakai Blogger, gue punya cara agar ide tetap tersimpan dengan baik dan ini cuma metode sederhana yang mungkin teman-teman sudah sering lakukan.

1. Ketika ide muncul coba tuliskan di kertas, setelah ketemu koneksi Internet segera buka Blogger.com dan login ke account Bloggermu.

2. Bikin Postingan baru alias klik "New Post"

3. Jangan tuliskan isinya, terlebih dahulu lengkapi judulnya. Jika memang sudah ada ide untuk isinya maka segera isi kontennya sampai jadi atau cuma setengah juga boleh.

4. Jika baru hanya judul atau isi konten belum lengkap maka klik "Save"

5. Jika judul dan isi postingan sudah pas maka klik Publish, tetapi jika kebanyakan ide biasanya ga asik juga kalau posting 4 artikel dalam sehari. Pembaca gak boleh terlalu dijejali informasi yang berlebihan dalam sehari, cukup 1 posting dalam 1 hari. Disinilah peran schedulling, klik "Schedule" di sidebar kanan Blogger pada Menu "Post Settings". Tentukan kapan artikel akan di publikasikan.





6. Setelah selesai di schedule maka tulis artikel/ide berikutnya. Terus lakukan sampai ide yang kamu dapatkan seharian penuh itu habis dan sudah ditransformasikan ke Post Blogger.

Nah, coba deh cek sekarang, kamu udah punya banyak stok posting atau ide untuk posting yang berarti gausah mikir susah-susah untuk artikel berikutnya di Blog. Coba lakukan ini sesering mungkin maka idemu gak akan pernah hilang lho. Artikel ini juga adalah 1 dari 5 ide yang gue dapat 3 hari lalu dan langsung gue simpan di Blogger.