Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 poin awal kelebihan Google+

Dalam beberapa hari belakangan memang Google sedang gencar-gencarnya mempromokan Social Networknya yang baru dengan nama Google+ . Setelah gagal dengan Google Wave, proyek Google kali ini diharapkan bisa bersaing dengan Raja Sosial network yang tak lain adalah Facebook. Awalnya saya hanya sempat melihat review dari video maupun omongan para blogger tentang Google+. Dari review mereka memang Google+ dikatakan bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh Facebook.

Kemarin saya iseng meminta sebuah undangan Google+ di forum Teknoup. Pagi ini ketika saya buka email, saya menerima undangan untuk bergabung dengan Google+. Saya tak panjang mikir langsung bergabung dengan Google+ dan segera mengubek-ubek sana-sini fitur dari Google+. Dan hasilnya? Wow, Saya sampai tidak bisa berkata-kata. Sampai saat ini saya baru mencoba fitur standar Google+ sebagai social bookmark, tetapi mari kita lihat 3 hal berbeda dari Google+ yang bisa menarik user facebook:

1. Jaringan yang terbagi

Jika di FB kita hanya mengenal Friend maka tidak di Google+ karena Friend juga terbagi dengan standar pembagian adalah teman, kenalan, followers tetapi circle bisa kita tambahkan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.





2. Tak perlu pesan dan tag

Circle bukan hanya sebuah pengelompokkan tetapi juga berguna nantinya untuk pembatasan melihat sebuah status. Kamu bisa mengatur sebuah status hanya dilihat oleh Circle tertentu atau orang tertentu sehingga kalau begini tidak lagi dibutuhkan grup. Memang di Facebook juga sudah tersedia fasilitas serupa tetapi Google mengemas caranya dengan lebih sederhana dan user friendly.





3. Integrasi +1

Antara +1 dan "like" memang terlihat sama saja tetapi istimewanya Google+ mengakomodir segala hal yang kita labeli dengan +1 sehingga bukan hanya status tetapi segala bacaan dan hal yang kita "+1" di dunia maya terpantau sehingga bisa menjadi referensi.

Hanya 3? tidak, saya belum sempat mengeksplorasi Google+ karena Google katanya juga menjanjikan pengalaman social network multimedia yang menarik dan berbeda tentunya. Mungkin para petinggi facebook mulai gerah dengan G+, tidak percaya? tengok saja pengguna G+ yang paling banyak diikuti ternyata adalah sang pendiri Facebook sendiri. Ngapain nyoba Mark? G+ addict juga? :)





NB : Nantinya setelah mendapatkan link profil yang berupa ID, kamu bisa singkat di alamat gplus.to , kalau ingin diinvite tinggalkan alamat email di komentar.