Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sssssttt...ini Rahasia Google Adsense lho

Halo Blogger, kemanakah anda hari ini? mungkin banyak yang mengisinya bertamasya bersama keluarga atau mungkin ada yang duduk manis di depan komputer untuk bersocial media atau sekedar membaca berita di internet. Tetapi tenang saja bagi anda yang tidak kemana-mana karena sangat beruntung bisa membaca sebuah rahasia yang saya beberkan pada hari libur yang indah ini. Rahasia apa itu?Sssttt..Rahasia Google Adsense, yaitu sebuah program periklanan Google dimana anda bisa menjadi bagian dari penampil iklan (publisher) dan akan dibayar ketika pengunjung mengklik iklan yang ada di dalam web/blog anda.





Anda mungkin sudah tidak sabar dengan rahasinya, ssst…pelan-pelan saja ya bacanya, sebenarnya Rahasia Google Adsense itu adalah…

TIDAK ADA RAHASIA!!

Jangan nimpuk saya dulu, Google Adsense memang tidak ada rahasianya. Seperti itulah yang saya dengar langsung dari 2 pemain Google Adsense yang sudah menerima 2-3 juta per bulannya dari Google Adsense. Keduanya berasal dari Bali, laki-laki dan wanita (tepatnya remaja usia 17an). Saya sendiri baru bermain 1-3 bulan dan harus mengejar 10$ guna mendapatkan PIN Google agar nantinya saat sudah terkumpul 100$ maka bisa dikirim ke alamat kita lewat Western Union. Saya sudah berbincang-bincang dengan keduanya tentang apa saja hal yang krusial di Google Adsense, berikut saya rangkumkan catatan-catatan kecil saya hasil perbincangan dengan mereka:

1. Untuk bermain Google Adsense harus punya web/blog, ya pastilah karena mau pasang iklan dimana kalau tidak ada web/blog?

2. Web/blog berbahasa Inggris karena Google hanya menerima konten berbahasa Inggris. Untuk hal ini saya masih bingung karena beberapa situs lokal terkenal yang berbahasa Indonesia memasang Google Adsense. Mungkin karena trafficnya yang sangat tinggi maka Google mengizinkan memasangnya.

3. Minimal 10 artikel berbahasa Inggris jika ingin diterima menjadi Publisher Adsense.

4. Karena semakin hebatnya algoritma Google, maka disarankan 10 artikel itu tidak sekedar copy paste. Sebenarnya jika anda sadar maka ini tidaklah begitu sulit karena sekarang sudah ada Google Translate. Tinggal cari artikel berbahasa Indonesia, ubah-ubah dikit,translate ke Bahasa Inggris dan jadi deh artikel bahasa Inggris.

5. Topik blog harus semakin spesifik, kalo istilahnya “niche” web/blog harus semakin mengarah ke 1 hal saja. Misalnya jika tentang Handphone maka tentukan apa merk yang akan selalu dibahas.

6. Buat puluhan bahkan ratusan blog yang link pada artikelnya mengarah ke web/blog adsense utama. Cara ini sekarang tidak bisa terlalu diandalkan dan butuh sedikit intrik. Jangan membuat puluhan link yang mengarah ke web/blog utama kita dalam sehari karena tentu saja akan ketahuan Google akibat gerak-gerik yang mencurigakan, ingat! buatlah senatural mungkin.

7. Masukkan artikel di web/blog pada socialbookmark yang berpagerank (rating Google tinggi) plus juga Social Bookmark tersebut Do Follow artinya jika submit ke Social Bookmark Do Follow maka artikel anda akan muncul juga di mesin pencari. Istilah kasarnya numpang terkenal.

8. Selalu update blog secara rutin.

9. Harus sabar dan jangan menyerah karena tidak ada sesuatu yang instan. Sebuah pembodohan massal jika ada yang mengatakan mencari uang di dunia maya itu semudah membalik telapak tangan. Kenyataannya tidak ada yang diperoleh secara instan. Begitu pula dengan Google Adsense dimana anda harus selalu tekun dan konsisten mengerjakan hal yang saya sudah cantumkan di atas.

10. Jika sudah dilakukan semuanya, berdoalah Tuyul Dunia Maya anda bekerja.





Saya bukan orang yang sudah berhasil bermain di Adsense, saya masih junior dan benar-benar baru bergelut walaupun sudah mengetahuinya beberapa tahun lalu. Namun tips-tips di atas saya dapatkan dari orang yang memang sudah bergelut cukup lama di dunia Adsense. Selamat mencoba!

NB : Ditampilkan juga di Kompasiana