Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potensi Rejeki jika Ngeblog

Banyak orang yang belum tahu apa untungnya ngeblog, sebagian orang malah menganggap ngeblog adalah hal yang buang-buang waktu. Salah jika mereka beranggapan seperti itu, pandangan mereka bisa dipatahkan dengan postingan ini. Saya tidak akan membahas keuntungan yang tak kasat mata seperti menambah ilmu, menambah pengalaman menulis, dll, karena pastinya banyak kompasianer lain yang sudah menjabarkannya dan pastinya keuntungan yang berupa pundi-pundi rejeki sepertinya menarik bagi orang-orang untuk ngeblog. Sudah tidak sabar ingin mengetahuinya? inilah dia potensinya:
Potensi Lokal
1. Menerbitkan Buku
1300493394182560724Tak jarang dari sebuah blog akan terbit menjadi sebuah buku, tengok saja Raditya Dika si pemuda yang bisa dibilang pelopor membukukan blog. Dengan seringnya anda posting teratur dan terarah di blog, sangat membuka jalan dalam membukukan blog anda menjadi sebuah buku. Hal ini terjadi karena banyak orang yang belum berani mengajukan tulisannya ke penerbit lalu menulisnya di blog dan di luar dugaan tulisannya disukai banyak orang. Maka dari itu penerbit pasti melihat potensi ini. Sekarang menulis di Kompasiana pun anda bisa membukukan tulisan-tulisan anda asalkan anda rajin menulis dan terus belajar untuk menelurkan tulisan-tulisan bermutu.
2. Pereview Produk
Sekarang saya sering melihat beberapa web-web lokal pereview gadget dan startup sedang mencari tenaga review. Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang banyak web-web pereview produk membutuhkan tenaga kerja pereview karena menyampaikan sesuatu secara sederhana kepada pembaca lebih sulit ketimbang menyampaikannya secara ilmiah, ya kan?. Rajin ngeblog akan membuat anda terbiasa menulis dan tidak ragu untuk mencoba mendaftar lowongan pereview, bahkan web pereview mungkin menjadikan blog anda sebagai pertimbangan menerima anda sebagai pereviewnya karena mereka ingin mengetahui karakter tulisan anda. Sebagai contoh web www.teknoup.com sedang mencari pereview gadget dengan keuntungan anda bisa mencoba gadget yang baru pertama kali masuk ke Indonesia dan tentunya ada bayarannya, asik bukan?
3. Pengiklan
Jika Blog anda dikunjungi 2000 sampai 3000 user, bukalah jasa pengiklanan karena biasanya orang tidak akan ragu mengiklan di sebuah blog asalkan blog tersebut memiliki traffic harian yang tinggi. Mari hitung-menghitung, jika banner iklan 125×125 anda hargai Rp.50.000/bulan dan di blog anda bisa dipasang 8 banner iklan maka anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan sejumlah Rp.400.000 dalam sebulan, asik kan?
1300493533239714690
4. Adsense lokal
Jika anda memasang script iklan adsense pada blog anda lalu ada pengunjung yang mengeklik iklan tersebut maka anda akan mendapatkan sejumlah uang, itulah prinsip utama adsense. Anda dapat mengikuti adsense lokal yang jumlahnya lumayan banyak. Dari klik user anda akan mendapatkan rejeki tersebut tetapi saya tidak menyarankan adsense lokal karena menurut saya iklannya tidak relevan dan itu-itu saja yang membuat user malas mengkliknya.
Potensi Luar
1. Paid Review Luar Negeri
Ini bukan seperti menjadi pereview produk untuk sebuah web namun lebih tepatnya pereview produk untuk pengiklan di web penyedia paid review. Jika blog anda sudah memiliki pagerank yang tinggi maka anda bisa mendaftarkannya di web paid review. Di web tersebut anda akan diberi kerjaan (istilahnya job) untuk mereview sebuah produk di posting blog anda tentunya dengan sisipan link menuju sebuah website. Bermain paidreview susah-susah gampang karena kedatangan job tidak pasti namun dengan mendaftar di banyak penyedia layanan paid review anda bisa mendapatkan sampai 80$ tiap bulannya dengan catatan anda memiliki google pagerank minimal 3 karena misalkan saja anda mendaftar 4 paidreview dan tiap paidreview memberikan anda 2 job dalam sebulan dan tiap job bernilai 10$, maka 80$ pasti tembus. Bayaran anda biasanya akan ditransfer melalui PAYPAL tiap akhir bulannya, ya lumayanlah buat bayar koneksi internet. Sebagai catatan jika anda bermain Paid Review Luar Negeri, anda sebaiknya memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama di blog karena Google tidak suka anda mereview dan jika anda memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa utama maka pastinya sangat artikel review yang berbahasa Inggris sangat mencolok. Hukumannya? pagerank anda pasti dipentung Google.
2. Penulis Artikel
Beberapa web biasanya mencari orang untuk menulis artikel dan anda bisa mengisi lowongan pekerjaan ini jika anda sudah terbiasa menulis dengan bahasa Inggris di blog anda. Saya belum terlalu tahu tentang pekerjaan menjadi penulis artikel ini namun yang pasti anda akan mendapatkan dolar sebagai bayarannya.
3. Google Adsense
Layanan Adsense ini dimiliki oleh Google dan lebih saya rekomendasikan ketimbang Adsense lokal karena iklannya lebih relevan dengan isi blog plus tidak iklan “Cepat Jadi Kaya” melulu. Syaratnya blog anda harus berbahasa Inggris dan memiliki minimal 10 postingan untuk lolos menjadi Publisher Adsense. Rahasia dari menjalani Google Adsense sebenarnya tidak ada (mengutip 2 Publisher kenalan saya yang sudah berhasil), yang ada hanyalah ketekunan dalam mencari traffic karena semakin besar traffic tentunya semakin banyak yang mengklik adsense yang anda pasang di blog. Saya baru 2 minggu terjun serius ke Adsense dan memang belum mendapatkan apa-apa, tetapi yang namanya usaha untuk meraih sesuatu yang diinginkan tidak ada yang gampang.
1300494304837921387
Itulah beberapa potensi rejeki jika ngeblog versi saya, tetapi saya lebih menyarankan anda ngeblog dengan mindset “untuk berbagi” terlebih dahulu karena dengan mindset seperti itu anda bisa menelurkan tulisan-tulisan bermutu karena memang yang menjadi tujuan anda adalah berbagi dengan pengunjung blog yang berarti tulisan anda harus sederhana dan mudah dipahami. Di dunia Internet tidak ada cara instan untuk menjadi kaya, menurut saya “Cara Cepat Menjadi Kaya” itu adalah dengan mencari pacar anak konglomerat lalu menikahinya. Tetapi jika anda merasa buntu dalam memburu rejeki-rejeki di atas maka tetaplah menjaga nyala api semangat anda karena perjalanan untuk meraih hasil memang perjalanan yang sangat terjal dan menguras emosi. Lha terus emangnya koe dapet rejeki yang mana? bisanya ngajarin orang aja!! hahaha, penasaran? liat disini.
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
(Pramoedya Ananta Toer)
NB : Diambil dari artikel lookj di Kompasiana