Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengubah blogmu mode mobile

Kemarin lookj mendapatkan pertanyaan bagaimana agar blog di blogspot menjadi mobile. Walaupun banyak yang sudah tahu tetapi kan tidak ada salahnya lookj mengulang informasi "mengubah blog menjadi mode mobile". Siapa tahu banyak yang belum ngeh cara mengubahnya.

Seperti yang telah kamu ketahui, Blogger tidak seperti wordpress yang memiliki banyak plugin pembantu. Kamu hanya bisa mengubah HTML dan CSS di belakang Blogger dan tidak bisa menambahkan fungsi-fungsi tambahan selain yang disediakan oleh Blogger. Jika pada Wordpress tentu terdapat plugin pembantu yang bisa mengubah tampilan situs menjadi mode mobile. Lalu bagaimana dengan Blogger?



Dulu mungkin banyak blogger yang memakai cara me"mobile"kan blognya dengan sebuah situs converter. Jadi ketika situs tersebut sudah mengconvert blog maka kamu bisa mengaksesnya lewat alamat mobile namun tentu dengan embel-embel situs converter tersebut misalnya lookj.situsconverter.com .

Google Blogger menyadari pentingnya sebuah blog yang diakses dari perangkat mobile, maka dari itu Blogger mengeluarkan sebuah cara untuk mengakses blog dari perangkat mobile tentu dengan tampilan mobile. Caranya adalah dengan menambahkan ?m=1 di akhir alamat blog misalnya seperti ini:

http://www.thelookj.blogspot.com/?m=1


Jika diterjemahkan artinya adalah akses mobile sama dengan true (bahasa programming nih, hahaha). Bagaimana tampilannya? lihat sendiri di bawah ini:



Fitur tampilan mobile :

1. Header tidak hilang
2. Readmore
3. Gambar muncul seluruhnya
4. Lebih ringan (tentunya)

Widget-widget yang kamu pasang pada sidebar dan iklan-iklan tidak akan muncul karena namanya aja tampilan mobile tentu dibuat agar loading time nya cepat. Kalau lama bisa-bisa pengakses dari perangkat mobile keburu kabur.

Oke deh, umumkan segera ke pengunjung blogmu agar mereka tidak perlu di depan komputer untuk membaca blog kesayangannya.