Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Tablet PC menyerang

Era tablet PC memang dimulai oleh ide gemilang Steve Jobs dengan mengeluarkan Apple iPad. Awalnya banyak yang memprediksikan bahwa keyboard touch tak akan bisa menggantikan keyboard hardware. Toh penjualan Apple iPad membuktikan itu semua tidak benar. Akhirnya produk tablet PC merk lain kembali mengekor Apple dengan mengeluarkan tablet PC tandingan. Konsumen diserbu tablet PC, jadi bingung deh bagaimana memilihnya.



Sebenarnya mengapa sih kamu harus memilih tablet PC? apa sih bedanya dengan laptop?

  1. Mobilitas tinggi , jika laptop sudah merupakan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana saja, tablet PC bahkan lebih portable lagi. Mengapa? ukuran yang tentunya lebih tipis karena tidak disertai hardware keyboard memudahkan kamu untuk membawanya kemana saja.
  2. Sensasi berkomputer yang beda, tentu kamu tidak perlu mouse ataupun keyboard guna mengoperasikan tablet PC karena fungsi mouse sudah digantikan oleh touchscreen begitupula keyboard yang telah diganti dengan keyboard virtual.
  3. Multimedia yang maksimal, pada tablet PC biasanya sudah memberikan aplikasi pemutar video, pemutar musik, penyimpan gambar, bahkan pengembang game berlomba-lomba untuk membuat game untuk tablet PC yang biasanya mereka tarik bayaran jika kamu ingin memainkannya.
  4. Jaringan Internet yang bagus, biasanya fungsi-fungsi koneksi internet pada tablet PC sangat diperhatikan karena mobile browsing juga dijadikan kehandalan setiap tablet PC sehingga kecepatan browsing tentu menjadi pertimbangan konsumen.
Tablet PC bukan cuma iPad, banyak yang beredar di pasaran. Agar kamu tidak bingung maka lookj akan mengklasifikasikannya:

  1. Tablet PC dengan Sistem Operasi iOS adalah iPad. Banyak yang salah sangka iPad dan tablet PC itu berbeda, sebetulnya sama saja. Tablet PC merujuk pada jenisnya, sedangkan iPad merujuk pada tablet PC keluaran Apple.
  2. Tablet PC Android, jangan-jangan banyak yang membeli tablet PC lalu bingung karena tidak ada satupun yang bermerk "Android". Tentu saja tidak ada karena Android merupakan Sistem Operasi saja. Sistem Operasi ini terbuka dan dikembangkan oleh banyak pemain industri elektronik di dunia seperti SAMSUNG, LG, MOTOROLA, dsb. Jadi tablet PC yang kamu cari bukan bermerk Android tetapi bermerk vendor namun dengan keterangan bersistem operasi Android.
  3. Tablet PC RIM dengan Sistem Operasi bbOS adalah PlayBook. RIM mengatakan bahwa PlayBook akan diluncurkan kuartal kedua di Indonesia.
  4. Tablet PC Windows 7, banyak vendor juga menggunakan Sistem Operasi Windows 7 namun tidak sebanyak Android karena sifatnya yang tidak terbuka (open source). Belakangan Sistem Operasi Windows 7 untuk tablet PC tidak begitu populer di kalangan pengguna tablet PC karena tergerus pengguna iPad dan tablet Android.
Tetapi tetap saja sebuah tablet PC tidak bisa menggantikan laptop karena tablet PC tak bisa melakukan programming oleh karena spesifikasinya yang tidak mumpuni untuk melakukan itu :). Tablet PC selain menjadi tren teknologi juga sudah menjadi tren fashion alias gak punya bisa dianggap gak gahol.

Sekarang terserah kamu, apakah tablet PC sudah merupakan barang yang harus kamu beli atau masih cukup dengan laptopmu yang lama? Ga punya Tablet PC juga gapapa, santai saja!